[Review Film] Duka Sedalam Cinta By Helvi Tiana Rosa

IMG_20171009_154703_345

Assalammualaikum Wr Wb,

Halo guys! Apa kabarnya nih? Sudah lama banget nih aku enggak posting blog. Sebenarnya sudah bertumpuk tulisan, tinggal ngepostnya saja nih yang harus lebih rajin lagi.

Film Duka Sedalam Cinta sudah dirilis sejak 19 Oktober 2017 kemarin! Duh, jangan bilang kalian belum tahu itu film apa. Dan sst, jangan ribut bertanya-tanya film itu seru enggak, pemainnya terkenal enggak, bagus ditonton enggak. Karena aku akan menjelaskan semua di lagi-lagi paragraph selanjutnya, hehehe. Dan janji ya, sehabis membaca tulisanku ini kalian mau menonton film Duka Sedalam Cinta atau Ketika Mas Gagah Pergi 2 itu! Hayo, kalau sudah janji jangan lupa ditepati!

Aku baru tahu kalau ada film berjudul Duka Sedalam Cinta, di saat mengikuti sebuah acara bedah buku dan filmnya. Saat aku iseng-iseng melihat akun instagram para pemain dan produsernya yang ketjeh, @helvytianarosa aku langsung merasa sangat tertarik. Apalagi melihat trailer filmnya yang aduhai. Begitulah pepatah berkata, tak kenal maka tak sayang. Ketika aku mulai kenal film Duka Sedalam Cinta dan para krunya, aku langsung jatuh sayang!

Bahkan banyak pengalaman seru yang saya alami karena film Duka Sedalam Cinta. Baik sebelum menonton dan sesudahnya. Salah satu yang paling bikin saya greget adalah saat ikut giveaway yang diadakan official film Duka Sedalam Cinta. Itu merupakan giveaway pertamaku, dan benar-benar aku lakukan sendiri tanpa diketahui keluargaku. Meskipun waktu itu tidak menang, tapi aku tetap bahagia mengingat perasaan gelisah, deg-degan, dan tertantang saat mengikuti giveaway itu. Karena Duka Sedalam Cinta juga aku merasa jiwa sastraku (eaaa jiwa sastra:v) semakin terbakar oleh semangat untuk berkarya.

Dan produser film Duka Sedalam Cinta harus bertanggung jawab atas apa yang kurasakan sebelum menonton Duka Sedalam Cinta Movie. Rupa-rupanya para kru sangat cerdik mempromosikan film KMGP 2 itu. Mereka membuat aku ikut berDuka Sedalam Cinta menunggu ditayangkan film itu!

Mulai dari cemas karena dibatalkannya janji nobar hari pertama dengan teman, dan aku cemas takut tidak bisa menonton film itu. Bahkan sempat ada niatan untuk nonton sendiri, nekat! Untungnya ada seorang abang baik hati yang mau menemani aku nonton di hari ketiga. Sst, jangan salah paham abang ojek online ya. Aku diantar abangku paling besar. Terharu banget, brother mana sih yang mau menemani adiknya menonton saat brother-brother lain sibuk malmingan? My elder brother is the best! Akhirnya aku bisa menjalankan petuah Mas Gagah, yaitu jangan menonton sendirian. Serius!

IMG_20171022_163842_956

Dok. pribadi

Dan untuk para ibu-ibu zaman now, enggak perlu khawatir pada isi film ini bagus ditonton anak-anak atau enggak. Aku bisa jadi bukti nyatanya. Film ini bagus banget banget banget! Apalagi untuk pendidikan karakter anak, T-O-P-B-G-T! Dan jangan terkecoh pada judulnya, Cinta maknanya itu banyak kan? Kata Bunda Helvy Tiana Rosa, hehehe. By the way, namaku sama dia mirip-mirip dikit lho. Ada ros-rosnya kan? Hehehe, mirip-miripin aja deh! Semoga aku bisa jadi penulis yang bagus seperti Bunda Helvy Tiana Rosa dan penulis lainnya, Aamiin.

Film Duka Sedalam Cinta juga sangat anti-mainstream, berbeda dengan film-film lainnya. Alurnya sulit ditebak, tapi filmnya mudah dimengerti. Kapok juga sih aku sok-sokan menebak alurnya, tapi kalau nonton filmnya enggak. Penasaran kan? Kalau penasaran, hayuk segera booking tempat di salah satu bioskop terdekat yang menayangkan!

Duka Sedalam Cinta Movie bercerita tentang kepergian Gagah ke sebuah pulau untuk menyelesaikan tugas akhir kuliahnya. Karena suatu kecelakaan yang memberikannya banyak pelajaran dan pertemuan dengan orang-orang baru, Gagah harus tinggal lebih lama di pesantren milik Kyai Gufron. Dik Manis Gita sampai khawatir menunggu kepulangan Mas Gagahnya.

Sekembalinya ke rumah, segalanya berubah. Dik Manis Gito eh Gita sampai ribut sendiri dan memberi jarak dengan Mas Gagah. Hubungan mereka yang dulu akrab, apalagi sejak Ayahanda tiada, kini merenggang. Beruntung, karena pertemuan dan mengalami sebuah peristiwa dengan Mas Fi Sabilillah a.k.a Yudhistira, Gita merasa takut kehilangan Mas Gagahnya. Dia pun menyerah dan berbaikan dengan Mas Gagah. Tapi, lagi-lagi kita dikejutkan oleh film tersebut.

Ketika Gita memutuskan berhijab, sebuah musibah menimpa Mas Gagah. Di saat itulah Duka memeluknya seerat Cinta. Perasaan kalian akan diombang-ambing oleh scene yang menurutku akan terus diingat. Dik Manis Gita berharap Mas Gagahnya tidak akan mengingkari janji saat mereka berbaikan. Tapi, mau dikatakan apa lagi kita tak akan pernah satu*eh jadi nyanyi. Mau dikatakan apa lagi, Gita tidak bisa melawan takdir. Realita menabraknya keras-keras di saat ia tengah berekspetasi. Harapan telah sirna, tapi kenangan akan selalu ada menemaninya.

Film ini bercerita tentang mereka. Bukan hanya tentang Mas Gagah, Dik Manis Gita, Nadya, ataupun Mas Fi Sabilillah. Tapi film ini tentang mereka semua, yang memang berada dalam satu garis hidup yang sama dan ada maksud dari pertemuan mereka. Dan mereka sudah ditakdirkan oleh Allah untuk bersama.

Film berlatar sebuah pulau nan indah di Halmahera ini juga akan membuatmu terpukau dengan keindahan alam Indonesia. Apalagi yang hobi travelling, bakal mendapat rekomendasi pulau keren deh untuk dikunjungi!

Dua jam yang begitu berarti buatku, meski terasa sangat cepat. Rasanya hanya setengah jam berada di sana. Bahkan ketika motor yang telah membawaku ke bioskop ini telah melaju lagi di tengah malam, hatiku masih tertinggal di film itu. Film yang membuatku sangat kagum. Film yang para aktor dan aktrisnya begitu ramah dan mau nonton bareng dengan para penontonnya. Film yang keuntungannya akan disumbangkan sebagian untuk pendidikan anak-anak di Indonesia bagian timur. Film yang membangkitkan semangatku untuk menulis dan terus menulis lagi. Film yang membuatku menemukan arti cinta yang lain. Film itu adalah Duka Sedalam Cinta Movie.

Tak terasa sudah tiga halaman lebih kutulis di sini. Jujur inilah salah satu keuntungan mempunyai blog yang paling kusuka, tidak ada batasan minimal atau maksimal dalam menulis. Kita berkarya tanpa batasan. Kita yang punya banyak profesi bisa menulis di blog juga. Kita bisa membantu orang lain dengan informasi yang kita punya tanpa harus berkenalan dahulu. Karya kita akan terus dikenang, entah di barisan kolom pencarian google atau dokumen tersendiri. Karena kita adalah blogger, dan saya bangga akan itu.

Terima kasih banyak untuk Aa Reza yang sudah menemani saya nobar Duka Sedalam Cinta Movie. Terima kasih untuk produser sekaligus penulis yang sudah membuat film yang sangat bagus, terus berkarya dan berikanlah kami para remaja tontonan yang baik. Terima kasih tak terkira untuk Bunda Helvy Tiana Rosa, kalian semua bisa mengecek tulisan-tulisannya yang sama baiknya dengan orangnya di https://sastrahelvy.com/. Atau bisa juga di akun instagramnya, @helvytianarosa.

Terima kasih untuk para aktor dan aktris yang sudah menghidupkan peran yang dimainkan. Hamas Syahid sebagai Mas Gagah, Aquino Umar sebagai Dik Manis Gita, Izzah Ajrina sebagai Nadya, Asma Nadia sebagai ibunya Nadya, Masaji Wijayanto sebagai Mas Fisabilillah a.k.a Yudhistira, Salim A.Fillah sebagai Kyai Gufron, Wulan Guritno sebagai ibunya Gagah dan Gita. Sukses selalu dan terus semangat membantu produser seperti Bunda Helvy untuk menghasilkan film-film baik tanah air. Terima kasih untuk para kru yang tidak bisa saya sebutkan satu-satu. Yang telah membantu pembuatan film secara langsung dan tidak langsung.

Dan terima kasih untuk para pembaca yang selalu setia menunggu hasil tulisan saya. Kritik dan saran sangat saya harapkan agar bisa membuat tulisan yang lebih berkualitas lagi. Mau dikolom ataupun Email saya langsung saya terima dengan senang hati. Apalagi bila ada yang ingin berkenalan dan saling blog walking.

Dan lagi, buat kamu-kamu yang lagi membaca tulisan ini dukung yuk Duka Sedalam Cinta Movie agar jangan sampai turun layar dengan cara nobar dengan siapa saja, asal jangan sendirian. Petuah Mas Gagah harus diinget ya guys. Dan kalau sudah dapat bangku di bioskop, jangan lupa beli tisu dulu supaya baju yang lagi dipakai enggak jadi sasaran “hujan” air mata. Setelah itu tunggu filmnya diputar, lalu bersiaplah kalian dibuat berDUKA SEDALAM CINTA!

IMG-20171021-WA0011

jadwalfilmDSC

Sampai juga lagi nanti!

Wassalammu’alaikum Wr Wb

Ross Roudhotul Jannah Kuartanegara

Iklan

2 thoughts on “[Review Film] Duka Sedalam Cinta By Helvi Tiana Rosa

  1. Baru tdi stelah isya teman ngajakin nonton film ini, jujur aku baru tau ada film ini, tadinya aku mau nonton fim barat yg baru, tp stelah baca review ini aku jadi kangen film indoneaia yg berkualitas, insya alloh besok mau cari bioskop yg masih nayangin.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s