Workshop Blogging : Dari Hobi Jadi Profesi Bersama Teh Ani Berta

IMG_20170718_144248

Foto : Pribadi

Assalammualaikum Wr Wb,

Hai Guys! Apa kabarnya nih? Liburannya kan lama, pasti ikut banyak kegiatan seru dong! Sst….tenang saja, kegiatan seru itu tidak selalu harus keluar uang dan tenaga banyak kok! Yahh…salah satunya seperti yang baru saja kulakukan kemarin. Pada hari Minggu, 16 Juli 2017! Yaitu Workshop Blogging dengan pembicaranya seorang blogger senior, Teh Ani Berta! *Horaayyy!!!

Blogger yang sudah menggeluti dunia blogging sejak tahun 2008 ini dengan senang hati berbagi ilmunya pada sekitar 60 peserta workshop. Pemilik akun instagram @ani.berta ini menjelaskan materinya dengan santai, luwes, dan padat. Acara Workshop Blogging ini sendiri diadakan di Kantor Republika yang berada tepat di seberang Pejaten Village, Jakarta Selatan. Kantor ini memiliki desain arsitektur yang keren. Sebagian bergaya zaman penjajahan belanda, tapi beberapa bagian sudah diubah menjadi lebih modern lagi. Warna coklat dan putih membuat gedung ini terkesan pekerja keras.

Karena lokasi acara lumayan jauh dari rumahku, aku dan kakakku pun berangkat pagi supaya tidak terlambat. Kami tiba pada pukul delapan lewat, dan masih belum terlihat acara sudah dimulai. Panitia juga masih menyiapkan ruangan. Jadilah aku menunggu bersama kakakku di luar bersama seorang blogger juga yang sudah datang. Namanya Mbak Dewi, ia salah satu teman sesama blogger kakakku.

Jam setengah sembilan, peserta lain mulai berdatangan. Panitia pun sudah menggelar meja dan mempersilakan para peserta untuk mengisi daftar kehadiran. Aku juga berkenalan dengan salah satu blogger muda yang masih SMA, yaitu Kak Zahra. Kak Zahra adalah anak seorang teman sesama blogger kakakku yang juga sedang belajar membuat blog sama sepertiku. Sayangnya aku tidak mengobrol banyak dengan Kak Zahra, sebab acara sudah akan dimulai dan tempat kami terpisah. Ia dan ibunya duduk di pojok depan, sementara aku dan kakakku duduk di tengah depan.

IMG-20170718-WA0008

Pada jam sembilan tepat, para peserta mulai masuk ruangan. Kami dipersilakan menyeduh kopi atau teh dan menikmati beberapa camilan yang dihidangkan dahulu. Aku memilih menyeduh kopi susu saja, lumayan untuk menghangatkan badan dari hembusan AC yang cukup kencang. Dan sesuai budaya orang Indonesia yang ramah, para blogger saling menyapa, berpelukan dan berbincang dengan riang. Menunggu acara dimulai, aku menyiapkan peralatan seperti laptop, chargernya, notes, pulpen, dan handphone. Dan tentu saja meneguk hangatnya kopi susu di pagi hari. Agak terlalu tua sebenarnya untukku bila meminum kopi, tapi aku tak terbiasa meminum teh di tempat yang bukan rumah sendiri. Takaran dan rasanya tentu berbeda.

Dan bukannya aku tidak mau mengobrol dengan peserta lain, masalahnya aku belum menemukan teman mengobrol sebaya atau paling tidak anak sekolah di sini. Jarak antara tempat dudukku dengan Kak Zahra cukup jauh, lagipula cukup sulit untuk kembali ke tempatku nanti. Karena ruangan ini hampir penuh sekali dengan laptop, handphone, dan peralatan lain yang bertebaran. Salah-salah nanti menginjak barang orang, hehehe:v

Akhirnya acara dimulai, tapi pembicaranya  belum masuk. Tampaknya Teh Ani Berta sedang di luar ruangan, jadi oleh seorang MCnya kami para peserta diajak bermain game melatih konsentrasi. Para peserta heboh berusaha fokus pada permainan. Semua peserta tampak senang. Aku sendiri agak gagal fokus tampaknya, karena kalah beberapa kali. Setelah bermain, Teh Ani Berta pun masuk dan memulai acaranya.

Teh Ani pertama memperkenalkan dirinya dan nama blognya. Beliau lahir di Bandung, 07 Juni 1977. Kalian bisa lho berkunjung ke salah satu situs blognya, yaitu http://aniberta.com. Teh Ani Berta menjelaskan bahwa sebaiknya kita memiliki nama blog yang mudah diingat dan tidak rumit atau alay. Beliau juga berkata, boleh saja memakai bahasa gaul untuk tulisan di blog. Tapi sebaiknya masih pada batasnya dan tidak sulit dimengerti pembaca.

Teh Ani menjelaskan materinya dengan cara mempresentasikannya memakai gambar dan sedikit tulisan di infocus. Pertama, ia menjelaskan apa saja tujuan menulis blog. Oh ya, judul presentasinya adalah Membuat Blog. Yuk kita intip apa saja tujuan menulis blog di bawah sini:

Tujuan menulis blog :

  1. Menciptakan sejarah sendiri, Teh Ani mengatakan bahwa bila kita menulis di media social seperti Facebook, maka tidak akan terindeks di Google. Bisa saja akun Facebook kita akan ditutup atau tulisan kita dihapus secara otomatis dari pihak Facebooknya. Sementara dengan menulis di blog, tulisan kita akan masih ada dan terkenang sepanjang masa meskipun nanti kita sudah meninggal.
  2. Menambah wawasan, Bila kita akan menulis suatu tema, misalnya Makanan khas Indonesia. Maka kita harus mencari banyak hal tentang makanan khas Indonesia. Mulai dari asal daerahnya sampai rasa dan bentuknya. Bila begitu, kita harus rajin membaca, survey, dan berbincang dengan orang lain. Dengan begitu kita memiliki banyak informasi untuk artikel kita di blog nanti.
  3. Mengembangkan hobby menulis, Karena dengan menulis di blog, kita tertantang untuk menulis berbagai macam artikel. Mulai dari reportase, puisi, cerpen, sampai biografi orang lain. Dengan begitu kita bisa mempelajari lebih dalam hobby kita dan kalau sudah berbakat, tentu kita bisa mengasahnya lebih tajam lagi bukan?
  4. Curhat, Terkadang kita ingin curhat pada orang lain tapi tidak tahu bagaimana cara menyampaikannya bukan? Nahh…di blog kita bisa mencurahkan isi hati kita sebanyak mungkin. Siapa tahu ada yang bisa memberi solusi bukan? Atau bila masalah yang dihadapi sudah lewat, setidaknya kita bisa memberikan pembelajaran untuk para pembaca bukan? Tapi jangan lupa, curhatan kita sebaiknya diolah lagi agar jangan sampai niat kita berbagi cerita disalah artikan oleh orang lain. Dan lebih bagus lagi nama atau tempatnya disamarkan.
  5. Bahan penulisan buku, Kita bisa lho menulis sebuah buku yang berisi kumpulan tulisan dari blog kita. Tentunya diolah lagi menjadi bacaan yang lebih menarik. Dengan begitu akan lebih banyak lagi yang bisa menikmati hasil tulisan kita.
  6. Memberitakan, Apabila kita baru saja mengikuti sebuah acara, maka kita akan membuat reportasenya di blog bukan? Nah, orang yang mengunjungi blog kita akan melihat reportase itu dan mungkin saja akan tertarik untuk mencoba mengikuti acara seperti itu. Misalnya aku menulis reportase acara Workshop Blogging di blogku seperti ini, lalu orang yang sedang mengunjungi blogku merasa tertarik untuk mengikuti acara workshop seperti itu. Akhirnya orang itu pun mencari tahu kapan ada acara seperti itu lagi, menurutku itu sama saja kita memberitakan.
  7. Penghasilan, Sekarang ini Blogger pun bisa menghasilkan uang dari tulisan. Seperti yang dijalani kakakku setahun ini. Kadang dia menerima job menulis, kadang dia datang ke suatu acara dan bertugas meliput acara.
  8. Promosi, Menjadi seorang blogger akan sangat menguntungkan kita bila kita memiliki usaha kecil-kecilan atau bisnis online. Selain bisa mempromosikan hasil produksi kita sendiri, kita tidak perlu membayar orang lain untuk mempromosikan hasil produksi kita. Tapi meskipun kita tidak memiliki bisnis online, kita bisa mempromosikan produk orang lain. Dari sana pula kita bisa mendapat penghasilan. Bahasa terkenalnya, Endorse.
  9. Kampanye politik,  Para calon pemimpin yang muncul setiap masa kampanye juga memanfaatkan media blog untk promosi diri mereka.
  10. Refreshing, Menulis blog pun bisa untuk refreshing. Misalnya sedang jenuh, dapat menuangkan isi hati di blog, tapi yang positif ya jangan curhat negatif.

Itulah sepuluh tujuan menulis blog teman-teman! Nah, lalu setelah menjelaskan materinya, Mbak Ani mengatakan ada seorang kuis hunter yang akhirnya menjadi seorang blogger karena  tulisannya pun cukup unik dan bagus. Ia adalah Kak Rosinta Gabriela Silaen, atau biasa dipanggil Kak Sinta. Dan aku pun sempat berfoto dengannya di akhir acara. Kak Sinta sempat berbagi cerita dengan para peserta, bahwa dia selalu didukung Teh Ani untuk terus menulis dan akhirnya sekarang pun ia memiliki banyak tawaran pekerjaan. Dengan rendah hati ia mengatakan bahwa semua ini karena motivasi Teh Ani. Teman-teman bisa melihat tulisan-tulisannya di blog miliknya, loveissinta.blogspot.co.id.

Sebelum kalian membuat sebuah blog sebaiknya kalian sudah tahu apa saja yang akan dilakukan dalam blog. Kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dalam blog adalah sebagai berikut :

  1. Menulis artikel berupa opini, reportase, fiksi (puisi, cerpen, prosa), non-fiksi (biografi orang lain, resensi buku).
  2. Blogwalking ke blog-blog orang lain atau jalan-jalan ke blog milik orang lain, Link blog kita akan tertinggal di blog teman kita saat berkomentar.
  3. Mencari referensi untuk menulis, untuk hal ini Teh Ani menyarankan sebaiknya jangan terlalu mengandalkan google dan langsung copy paste di artikel kita. Karena itu akan mempengaruhi artikel kita selanjutnya nanti. Kita harus terbiasa mencari ide sendiri dan menyusunnya sendiri.
  4. Membuat konten blog dengan tulisan tema tertentu, video, musik, animasi, dan lain-lain. Siasati dengan video bila merasa terlalu sulit menjabarkan di teks. Tapi jangan sampai melupakan teks ya! Karena teks mencerminkan kepribadian si Penulis itu sendiri.
  5. Optimasi SEO

Teh Ani juga memberitahu jenis-jenis platform blog, dari yang gratis sampai berbayar. Ada blogspot, wordpress, blogdetik, dan tumblr yang tidak berbayar alias gratis. Beliau mengatakan, kita harus menyiapkan kocek sekitar Rp 150.000,00 untuk merubah blog kita memiliki domain sendiri.

Setelah beberapa kali sesi tanya jawab, MC kembali bertugas. Kami dipersilakan untuk istirahat dahulu. Karena sudah waktunya Shalat, maka beberapa peserta melaksanakan shalat Zuhur di Mushola yang berada tepat di samping ruangan workshop. Aku sendiri kebetulan sedang tidak shalat saat itu, jadi melihat-lihat kembali apa saja yang telah kucatat. Ada juga beberapa peserta yang memutuskan makan siang di Pejaten Village yang berada sangat dekat dengan Kantor Republika. Aku diajak kakakku untuk membeli minuman dan beberapa makanan di Pejaten Village saat ia sudah selesai shalat.

Jam setengah satu, acara kembali dimulai. Teh Ani memulai lagi presentasinya, beberapa kufoto karena tidak keburu ditulis di catatan. Ada yang kutaruh fotonya disini, tapi ada juga yang kujabarkan kembali menggunakan bahasaku. Silakan melanjutkan membaca!

Teh Ani menjelaskan bahwa banyak sekali bahan-bahan untuk ditulis. Seperti banyak ide yang bertebaran di sekeliling kita bercampur dengan oksigen. Hanya saja tergantung kita bagaimana mencarinya. Nah, ada beberapa yang dicantumkan Teh Ani di presentasinya yaitu;

  • Lingkungan di Sekitar
  • Pengalaman Pribadi
  • Pengalaman Orang Lain
  • Penelitian Ilmiah
  • Kejadian yang dialami di suatu tempat

Tapi, bahan untuk artikel di blog tidak hanya sebatas itu saja, aku yakin pasti masih banyak lagi yang bisa dibuat menjadi artikel. Semakin kita gali, akan semakin banyak lagi bahan dan ide-ide yang keluar dari otak kita. Cuma seberapa kuat kemauan kita sajalah yang akan menentukannya.

Itulah yang bisa aku sampaikan dari kegiatanku mengikuti Workshop Blogging : Hobi Jadi Profesi di Gedung Republika, Jakarta Selatan.

Sampai jumpa lagi di tulisanku berikutnya.

Wassalammu’alaikum Wr Wb

Ross Roudhotul Jannah Kuartanegara

Iklan

6 thoughts on “Workshop Blogging : Dari Hobi Jadi Profesi Bersama Teh Ani Berta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s